Beda Pajak dan Retribusi…

Pernah dengerin orang ngomong begini…
” pajak mang dah keterlaluan, masa parkir dipinggir jalan aja dikenain pajak parkir…padahal kan parkirnya di pinggir jalan umum…”

Dari situ saya berpikir sebenarnya asumsi masyarakat setiap uang yang mereka bayarkan kepada negara adalah pajak…
Saya jadi tergugah untuk mengangkat topik perbedaan antara pajak dan yang namanya retribusi…

Definisi pajak adalah :
iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang —sehingga dapat dipaksakan— dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. Pajak dipungut penguasa berdasarkan norma-norma hukum guna menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum.contoh adalah PPh, PPN

sedangkan definisi retribusi adalah :
pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan.contoh adalah retribusi parkir, retribusi sampah

dari definisi diatas dapat kita ambil kesimpulan mengenai perbedaan antara pajak dan retribusi sebagai berikut:

1. Pajak tidak memperoleh imbal balik secara langsung, sedangkan retribusi memperoleh imbal balik secara langsung.
contohnya adalah sebagai berikut:
bila kita membayar Pajak Penghasilan (PPh) kita tidak mendapatkan apapun, namun secara tidak langsung kita telah membantu pembangunan di negara kita, sedangkan bila kita membayar retribusi sampah maka secara langsung sampah kita akan diangkut oleh dinas kebersihan.

2. Pajak dapat dipaksakan, sedangkan retribusi tidak.
contohnya adalah sebagai berikut:
bila kita memiliki kendaraan bermotor maka setiap tahunnya kita wajib membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bila kita tidak membayar, maka kendaraan kita bisa disita oleh pihak yang berwajib, sedangkan bila kita tidak membayar retribusi sampah, maka dinas kebersihan tidak akan memaksakan,hanya saja kita tidak memperoleh pelayanan pengangkutan sampah dari mereka…

Jadi sebenarnya kalo parkir itu adalah retribusi karena kita telah menggunakan jalan tersebut sebagai tempat parkir kita, klo nda mo bayar seh mending di gendong trus aza tuch kendaraan hehehe….

28 Tanggapan

  1. waaaaaaaa…….
    terima kasiih….
    terima kasiih…..
    selama ini saya nyari-nyari jawaban atas pertanyaan saya ini….
    akhirnya dapet disini jawabannya….. :)

    terima kasiih..
    terima kasiih…. :mrgreen:

  2. Sudah menjadi kewajiban tuk membantu…
    Dan senang rasanya tulisan saya bisa bermanfaat

  3. pak. apa bedanya pajak 21 dan 23 mengenai tenaga ahli?
    makasih atas pemberitahuaanya pak

  4. slamt siang pak ijin bertanya,,,kalo parkir itu masuk dalam retribusi knp di uu no 34 thn 2000 dikatakan pajak parkir..?tetapi juga terdapat retribusi parkir tepi jalan dan tempat khusus?mhon bantuannya….

    # Menurut sepengetahuan saya, yang dimaksud pajak parkir dalam UU No 34 Thn 2000 Tentang Pajak daerah dan Retribusi daerah adalah pajak yang dikenakan terhadap para penyelenggara jasa perparkiran seperti secure parking atau sunparking, yang mana besarnya pajak yang dipungut adalah 20% dari nilai transaksi parkirnya. Sebagai contoh misalnya kita membayar parkir sebesar Rp.4000,- di sebuah tempat perparkiran yang diselenggarakan swasta, maka penyelenggara jasa perparkiran diwajibkan membayar sebesar 20% X 4.000,- kepada pemerintah daerah sebagai pajak parkir…
    sedangkan retribusi parkir tepi jalan dan tempat khusus adalah retribusi bila kita parkir ditempat parkir yang dikelola oleh pemerintah daerah (BP Parkir), seperti difasilitas umum…

  5. trimakasih atas bantuannya…pak…saya sgt terbantu atas penjelasan bapak.

  6. ijin pak,,,saya bertanya lg.sya hrap bpak tdk bosan.bagaimana mekanisme retribusi parkir ?karena ada 2 jenis yang diselenggarakan oleh pemda yaitu ret tepi jln & tmpt khusus?apakah sama dari awl sampai pad penyetoran ke pemda?knp tidak secara jelas diatur dalm perda tiap2 kab/kota?

    #untuk lebih jelasnya mungkin bisa ditanyakan kepada Dinas Pendapatan Daerah setempat, mohon maaf dikarenakan saya bukan dari Dinas Pendapatan Daerah melainkan dari Direktorat Jenderal Pajak sehingga saya kurang mengerti mengenai mekanismenya… Sepengetahuan saya, tiap-tiap pemda memiliki perda mengenai retribusi atau pajak parkir ini…Tapi mungkin nanti bila saya berkesempatan berkunjung ke Dinas Pendapatan Daerah DKI Jakarta, akan saya coba tanyakan mengenai hal ini…

  7. pak mau tanya, kalo organisasi non profit wajib pajak juga gak? kalo organisasi itu dapat duit dari anggota kena pajak juga?
    Trus apa aja sih yg kena pajak dari sebuah badan / organisasi?
    Mohon maaf jika pertanyaannya mbrondong. Tks sebelumnya.

  8. ijin pak…
    mekanisme pemungutan pajak parkir gimana???
    apakah termasuk PPN?
    makasih…

  9. bedanya pajak langsung dan ga langsung apa bos?

  10. Assalamu’alaikum

    pak kalo mo numpang tanya-tanya gitu supaya dapat balesan dari bapak aku bisa ikutan nimbrung dimana????
    pan kalo disini banyak tanya nyang kagak kejawab tu…

    Makasih pak, maap ganggu…

    Wassalamu’alaikum

  11. alhamdullilah ……..
    akhirnya ketemu juga jawaban yang selama ni aku cari thanksss berat …jawabannya sangat memuaskan

  12. klo ghtu ghmanhh crhh n’ngnnty

  13. ghmnh crh n’ngntny

  14. thankss yaa buat info – nya.
    Walaupun gak semua yang aku cari – ada.. tapi, ini udah cukup membantu.
    ( =
    thankss yaa

  15. makasih

  16. wau……ThankZ ya…. AkhirX aKu bs ngebedain mn itu pajAk & yG mana YAng retribusi.

  17. waaaa thanks ataz jwbn nya
    tapi mnurut saya lebih baik perbedaan pajak dan retribusi itu di tabel(kolom)kan lebih bagus…

  18. maksih ya pa…apa yang menjadi pertanyaan dalam benakku selama ini,alhamdulilah sekarang ud terjawab

  19. ehh.. ada perbedaan yang lain gak?? masa cuman 2 sih… o.o
    ehh.. btw, ada yang tau cara nyari PPh (Pajak penghasilan)? soalnya ekonomi ku jelek gara” nyari PPhnya salah ==”
    mohon dijawab
    -ty-

  20. apakah perbedaannya hanya segitu? soalnya di skul ku aku suruh jawab 5 perbedaan. btw, ada yang tau cara nyari PPh??
    tolong dijawab
    -ty *bow*-

  21. mkzh pak dh kazh tau prbEdA’n pJaK mA rEstRibUsI

  22. 5 macam perbedaan pajak dengan retribusi apa ajahh yy ??

  23. makasih :)

  24. oh, gitu y,….
    terbantu saya,…

  25. makasih atas pengetahuannya, akhirnya aku bisa ngerjain soal di pr-ku. “1.Apa itu retribusi 2. apa perbedaan retribusi dengan pajak 3. contoh retribusi”, soal ketiga2nya akhirnya udah kujawab berkat halaman ini. Makasih banyak ya… :-)

  26. Thx ya infonya…!

  27. terima kasih yaa,, atas informasinya, karena itu sangat membantu.:)

  28. Sebagai siswa saya sangat terbantu dengan penjelasan ini. Saya ingin bertanya lagi, apa keuntungan dan kerugian membayar pajak? saya mohon jawabannya pak. Terima kasih :)

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

