Hati-hati ketika membeli rumah…

Rumah memang kebutuhan utama yang wajib dipenuhi setelah kebutuhan makan dan pakaian… Mungkin atas dasar inilah yang mendorong sektor property berkembang saat ini… Namun selaku konsumen kita wajib berhati-hati karena saat ini tidak sedikit pengembang yang niatnya hanya untuk mendapatkan keuntungan semata…

Pernah menemui seorang ibu yang menangis karena merasa dirinya telah tertipu oleh marketing suatu pengembang. Si ibu tersebut membeli secara tunai 2 unit rumah tipe 21 untuk kedua anaknya di suatu lokasi perumahan, namun si ibu tersebut tidak melihat terlebih dahulu lokasi dan keadaan rumah yang akan dibelinya tersebut, si ibu hanya percaya dengan mulut manis marketing. Ketika semua surat-surat telah diserahterimakan, si ibu dan anak-anaknya bermaksud mengunjungi rumah yang telah dibelinya, namun apakah yang terjadi??? Rumah yang baru dibelinya itu sudah sangat tidak layak huni, gentengnya bocor dimana-mana, temboknya retak-retak, kayu-kayunya sudah lapuk. Sang anak pun berkomentar “kok ibu beliin kami rumah kayak kandang burung seh??”

Sebenarnya si ibu telah melakukan kesalahan yang sangat fatal, yaitu telah membeli rumah tanpa melihat terlebih dahulu lokasinya, ibaratnya telah membeli kucing dalam karung. Jadi apakah langkah-langkah yang harus kita lakukan biar tidak tertipu ketika akan membeli rumah. Mungkin sedikit tips dari saya ini bisa membantu :

1. Usahakan sebisa mungkin mencari pengembang yang telah terpercaya, seperti ciputra, agung podomoro dll.  Karena bila pengembangnya masih level pemula, kredibilitas pembangunannya masih sangat diragukan, jangan-jangan malah nanti rumah kita tidak jadi-jadi padahal kita telah lunas membayarnya.

2.  Bila pengembangnya masih belum terkenal, coba tanyakan ke pihak marketingnya proyek-proyek perumahan yang telah dibangun oleh pengembang tersebut dan coba survei lokasi proyek yang telah dibangun tersebut, guna studi banding.

3. Survei lokasi rumah dan bangunan yang akan dibeli, bila rumahnya masih indent maka minimal fasilitas perumahannya telah tersedia (jalan masuk dan gerbang utama). Bila fasilitas tersebut belum ada, berarti pembangunan bisa dipastikan masih lama.

4. Sebisa mungkin minta copy dari sertifikat tanah yang akan dibeli, walaupun statusnya belum pecah perkavling. Ini diperlukan guna mencegah pengembang-pengembang nakal yang kadang menjual tanah yang belum dibebaskan atau masih sengketa.

5. Untuk rumah indent, mintalah bukti pernyataan bahwa rumah tersebut akan diserahterimakan paling lambat sesuai dengan kontraknya. kalo bisa, bikin surat pernyataan yang mana bila pengembang melewati batas waktu serah terima, maka pengembang berkewajiban memberikan sejumlah kompensasi kepada konsumen.

Semoga tips ini bisa membantu supaya tidak tertipu oleh pengembang-pengembang nakal…

Tambahan :

Berdasarkan info dari orang dalam suatu pengembang, hati-hati ketika membeli property di Grand Sentul City dan Bukit Az-Zikra Sentul, karena tanah yang ada belum semuanya dibebaskan, dan jalan masuk pun belum terbentuk.

14 Tanggapan

  1. Wah, kapan yah bisa beli rumah sendiri?

    ~Harus tetep semangat nih kuliahnya,, Ayo2x..

  2. Kalau kita rajin membaca koran, melihat berita di tv kita akan temukan macam-macam masalah sentul city. Dari Mahalnya BPL dan Air, dan Status Tanahnya juga sistem premanisme. Warga yang menulis keluhan dikoran mereka tuntut dipengadilan. Sungguh ironis ya??? katanya perumahan elite di bogor, tapi warganya menjerit. Pantas saja rumah di sentul murah!!!! ternyata begitu 1 bulan diisi tau-tau tagihan jutaan sampai puluhan juta menanti anda lantaran pemilik rumah yang lama tidak sanggup membayar.

    # bukan sentul city saja yang begitu, masih banyak pengembang nakal lainnya, karena itu WASPADALAH…WASPADALAH….

  3. Wah separah itu ya.
    Tadinya saya tertarik oleh perumahan Zikra ini, sampai hampir mau mengontak pengembangnya.. duh gmn
    # Coba aza hubungi pihak pemasarannya… tapi jangan termakan rayuannya yach… minta mereka untuk memperlihatkan sertifikat atas tanah yang akan anda beli, biar anda tidak akan tertipu… saat ini sepengetahuan saya, sudah banyak pembeli yang membeli secara cash keras, namun tanahnya saja masih bermasalah… jadi berhati-hatilah… banyak pengembang yang memanfaatkan kekurangtahuan konsumen…

  4. apa kabar sentul? apakah sudah kondusif utk berinvestasi? atau masih bermasalah kayak dulu ?
    # tergantung seh melihat kondusifnya dari mana dulu???
    klo masalah BPL dan air seh masih tetep aza tinggi… klo mau ngambil disentul seh, mending ngambil di Griya Alam Sentul, walaupun pengembangnya sama dalam manajemen sentul city, tp disini nda ada yang namanya BPL dan air PAM…
    Lingkungan dikelola oleh pihak RT setempat, klo air seh make sumur sendiri, dan rata2 jernih kok airnya…

  5. Kalau saya sudah inden 1 tahun dgn Bukit Az-Zikra Sentul sejak januari 2008. Posisi terakhir sampai bln desember 2008 rumah saya sudah 95% jadi. Selama ini tidak ada masalah, surat perjanjian inden ada. Setiap bulan saya selalu kontak dengan pengembang, maklum saya berada di seberang pulau Jawa. Hubungan dengan pengembang cukup baik. Bahkan ketika ada kegiatan perdana Dzikir Bersama di Mesjid Az Zikra Sentul yang sedang dibangun saya dapat surat undangan via POS. Semoga informasi ini berguna. Terima kasih

  6. assalamu ‘alaikum wr wb,
    saya selaku marketing Bukit Az Zikra menyampaikan rasa terima kasih yang begitu besar atas kepercayaan nya terhadap perumahan Bukit Az Zikra, memang pembangunan di perumahan agak sedikit terhambat, namun kami pastikan pembangunan akan terus berjalan, meski terlambat tapi persoalan sertifikasi terjamin selesai, begitupun dengan pembangunan rumahnya. Dengan adanya surat perjanjian antara konsumen dan developer, maka hak dari konsumen akan terus kami jaga. terima kasih Wasalam.

  7. Betul juga…dari akad kredit feb’09 s/d saat ini pembangunan rumah yg saya beli di Grand Sentul City tidak kunjung selesai dan alasan kontraktornya bermasalah, janjinya rumah serah terima feb’10…sampai saat ini tidak ada komitmen untuk penyelesaian.
    Jangan2 kontraktor tidak dibayar dsb…..
    Kalu saya push ke marketing alasan ke bagaian teknik dan seterusnya serta sebaliknya….Developer apa itu…TDK PROFESIONAL dan SAYA KECEWA SEKALI

  8. Pls confirm, thread ini apa benar yah..
    http://forum.detik.com/hati-2-beli-rumah-di-sentul-city-t9673.html?t=9673

  9. Saya pemilik rumah + kavling diperumahan grand sentul city blok b3-1 no.1 & 2 :
    Saya membeli rumahnya cash tahun 2005, pembangunan rumah baru selesai tahun 2009 yang parahnya sertifikat sampai sekarang belum selesai. cape deee…..
    Jadi kapan mau diselesaikan? PROFESSIONAL DIKIT DONK!!! JANGAN DUITNYA MAU KERJA KAGA BERES!!!!

  10. Bukit Azzikra Sentul konsep perumahan muslimnya hanya di brosurnya saja. Nyatanya tidak ada roh kehidupan islami disana. Banyak rumah kosong yang mubazir hingga mau hancur. Seperti orang-orang egois yang tak peduli akan masalah ini.

  11. Marketing diatas jangan cuma beraninya minta maaf disini. Minta maaf sama semua konsumer yang kalian zolimi karena perdagangan yang kalian jual ghurur. Orang-orang niat baik mau beli konsep syariah ternyata kecewa. Brosur yang kalian bagi-bagikan adalah janji.lho.

  12. Sentul City udah mau bangkrut setelah habis ditangkap bosnya oleh KPK karena suap Bupati Bogor …. karena banyak tanah rakyat tidak dibebaskan dengan benar maka doa doa orang yang terzalimi terangkat ke langit…. dari dulu zaman lippo, bukit sentul hingga sentul city … semuanya mengarah bangkrut….. bisnis gak berkahhhhh…

    ini link berita mau bangkrutnya , rugi besar tahun 2014 :

    http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150403111717-92-44043/usai-terjerat-kasus-suap-laba-sentul-city-turun-9326-persen/

    HATI HATI YA KALAU BELI RUMAH DI PENGEMBANG….

  13. SAYA SANGAT KECEWA DENGAN SENTUL CITY.. BAGI YANG BERMINAT MEMBELI PERUMAHAN ATAU PERTOKOAN SENTUL CITY HARAP DIPIKIRKAN BAIK2. ceritanya saya membeli ruko baru di sentul city melalui cash bertahap yang saya bayar tepat waktu setiap bulannya. Janjinya serah terima kunci pada bulan Juni 2015. akan tetapi pada bulan Mei 2015 saya melihat pembangunan untuk ruko yang saya bayar hanya 10% saja. Saya pergi ke kantor pemasaran mereka bilang untuk memberikan waktu s.d september 2015. Setelah september 2015 pun pembangunan ruko tersebut belum selesai (tidak juga seperempatnya) saya meminta kembali uang saya akan tetapi prosedur sentul city sangat berbelit2 dan saya di ping-pong. Mereka bahkan lebih galak dari saya. SAYA SANGAT KECEWA SEKALI. waktu itu saya hanya terpukau oleh janji2 manis marketing yang bilang harga ruko akan naik 2x lipat, dll YANG PADA KENYATAANNYA NOL BESAR. HARAP HATI2 DAN BERFIKIR 10.000 KALI LIPAT SEBELUM INVEST DI SENTUL CITY.

  14. Basic Programs For Antivirus Coupon Studied 2025

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: